Kamis, 16 Juni 2011

BAHAYA PATAH HATI BAGI KESEHATAN


Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa patah hati tapi yang paling banya kita jumpai adalah lantaran putus dengan pacar. Saat patah hati orang menjadi lebih pendiam dan banyak merenung. Karena itu patah hati bisa berbahaya bagi kesehatan diantaranya :
1. Dampak secara emosional
- Orang yang terluka akan memiliki gambar diri yang rusak. Mereka tidak akan bisa menerima diri sendiri dengan baik. Ini sering terjadi pada mereka yang putus dengan pacarnya
- Sulit untuk membangun relasi dengan orang lain karena takut akan dikecewakan lagi
- Mengalami gangguan emosional seperti: mudah marah, sering takut untuk melakukan sesuatu, terlalu khawatir, tidak bisa berpikir dengan tenang, dan lain sebagainya
- Kehilangan gairah untuk menjalani hidup sehari-hari.

2. Dampak secara Fisik
- Biasanya setiap orang patah ahit terlalu lama akan mengalami penyakit-penyakit psikosomatis yang dapat mengakibatkan gangguan baik untuk diri sendiri dalam bekerja, berelasi; dengan keluarga, kehilangan fungsi dalam keluarga, tidak ‘hadir’dalam keluarga;
- Untuk beberapa orang tertentu patah hati yang tidak terselesaikan akan membawa mereka kedalam minuman keras, narkotika, bahkan bisa membawa mereka kedalam berbagai macam kejahatan seperti menipu, mencuri,bahkan ada yang menyayat tangannya sendiri n minum racun (ne banyak q temukan di UGD).

3. Dampak secara Klinis
- Bagi beberapa orang yang lain dampak kekecewaan akan membawa mereka kepada pola makan yang tidak lazim. Untuk menghapus kekecewaannya mereka akan mencari pelarian dengan makan sebanyak-banyaknya sehingga menimbulkan obesitas atau kehilangan nafsu makan sama sekali.
- Pola tidur yang terganggu karena otak selalu bekerja memikirkan luka tersebut dan akhirnya membawa masalah baru dalam kehidupan seperti stress dan bisa menanjak kepada depresi akut dimana perasaan sedih, murung, yang disertai perasaan tidak berdaya, tidak berpengharapan dan merasa diri tidak berarti.
- Gangguan kecemasan yang berlebihan
- Gangguan kejiwaan yang bisa menyebabkan permanen seperti obsesif/kompulsif, paranoia, berbagai macam gangguan disorder dan lain sebagainya.

4. Dampak secara rohani
- Sulit membangun hubungan/relasi dengan sang pencipta apalagi bila kekecewaan itu muncul akibat pacarnya direbut oleh orang lain. mereka merasa Tuhan tidak adil, tidak mengerti dan lain sebagainya
- Menjalani hidup yang salah. Misalnya ada yang menjadi pelacur karena sudah terlalu sering dikecewakan oleh banyak cowok padahal dia sll memberikan apa yang diminta oleh cwok2 yang sudah pernah jadi pacarnya tersebut terutama untuk memuaskan nafsu birahinya, ada yang menjadi pembunuh karena kecewa dengan keadilan yang tidak memihak kepadanya, dan lain sebagainya.

1 komentar:

  1. hm,,,na udzu billah min zalik. alhamdulillah walau aku pernah merasakan patah hati itu namun akibatnya tidak seperti dicritakan diblog ini, karna aku sangat percaya pada Tuhanku bahwa segala sesuatu entah baik entah buruk semua ada pelajaran berarti yang menyertainya, berpegang teguh pada firmanNya, " ada kemudahan dibalik kesulitan " adalah obat paling mujarab untuk menyembuhkan luka hati.

    BalasHapus